MERDEKA BELAJAR DALAM RENUNGAN
Disusun oleh: Erna Hikmati Hidayah
Tahukah kita?
bahwa saat ini era Merdeka Belajar?
Katanya murid di sekolah dapat berekspresi sepuasnya,
namun tetap dalam bimbingan guru.
Guru yang mendidik dengan penuh antusias dan semangat,
akan melahirkan murid-murid yang ceria,
dalam pembelajaran penuh makna.
Namun tahukah
kita?
bahwa sebelum memerdekakan
murid-murid dalam belajarnya,
guru lebih dahulu harus mampu memaknai,
guru harus dapat menghayati,
bahwa diripun sebagai manusia yang merdeka,
juga tetap terus belajar.
Guru berikan kepercayaan kepada murid....
agar mampu menggali potensi diri masing-masing
namun.....
tetap dalam bimbingan guru.
Guru yang penuh antusias dan semangat mengajar
tak kenal lelah mencerdaskan mereka
walau kadang harus kecewa dengan sikap murid-muridnya.
Ki Hajar Dewantara berkata..
mendidik itu berarti memberi ilmu demi kecakapan hidup anak
dalam usaha mempersiapkannya untuk segala kepentingan hidup
baik dalam hidup bermasyarakat
maupun hidup berbudaya
dalam arti yang seluuuuuas-luasnya.
Tahukah kita?
bahwa sekecil apapun yang kita sampaikan kepada murid di depan kelas,
akan berkontribusi pada kecakapan hidup murid saat dewasa.
Saat kita di depan kelas,
seorang guru sesungguhnya….
sedang membentuk masyarakat calon pemimpin negeri ini…
Luar biasa…..
banyak dari sikap dan tutur kata kita sebagai guru,
kelak akan menginspirasi murid dalam kehidupannya.
Tahukah kita?
bahwa murid bukanlah selembar kertas putih kosong
yang belum dicoreti tulisan atau gambar apapun
sehingga dapat diisi dengan apapun sesuai keinginan guru
seperti dikatakan dalam teori Tabularasa.
Muridpun......
juga bukan selembar kertas ...
yang sudah dipenuhi dengan gambar dan coretan
seperti dikatakan dalam teori Negatif.
Jadi bagaimana?
.........................
Ki Hajar Dewantara ....
Bapak Pendidikan Indonesia amatlah bijak….
beliau berpendapat dalam teori Konvergensi ….
bahwa kodrat anak itu….
sudah memiliki coretan-coretan,
namun masih samar,
sehingga pendidikan melalui tangan para guru….
bertugas menebalkan
bertugas juga untuk mempertegas
terhadap tulisan dan coretan yang masih samar tersebut.
Terus Semangat Bapak dan Ibu Guru Hebat.
Berjuang tanpa henti untuk anak negeri.
Do'amu sebelum mendidik murid-murid negeri ini
Akan diijabah oleh Ilahi Rabbi
Karena ketulusanmu dalam baktimu.....
******* Temanggung, 27 Agustus 2023 *******
Dari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir merdeka belajar sama dengan Cara belajar siswa aktif pada kurikulum sebelumnya, ternyata tidak sekedar siswa aktif saja, namun guru berperan sebagai fasilitator sehingga murid mampu ekspresif, dan mengaktualisasikan diri dalam pembelajaran bersama guru.
BalasHapusLangkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah mencoba menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran koooperatif yang banyak melibatkan peran serta murid.
Terimakasih sudah berkenan membaca, semoga bermanfaat, Silakan Sahabat pembaca mohon memberikan komentar dengan cara menuliskan kalimat "Dari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir .............., ternyata .................
BalasHapusLangkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah ................"
Dari paparan yang disampaikan , sebelumnya saya pikir merdeka belajara hanya berupa progam pemerintah yang sering berganti saat ganti kepemimpinan, ternyata Merdeka belajar merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan pendidikan nasional secara utuh. Dalam merdeka belajar tidak hanya anak aktif namun anak di bimbing sesuai dengan karakteritiknya. Anak berkembang sesuai dengan kemampuan dan kemauannya, di mana pembelajaran berpusat pada peserta didik. Sehingga dengan demikian anak mampu menghadapi masa depan sesuai dengan perubahan zamannya.
BalasHapusDari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir siswa terlahir sebagi kertas kosong dan kita sebagai guru diharuskan membuat coretan padanya, ternyata siswa terlahir sebagai kertas dengan gambar tersamar sebagai kodrat alamnya dan sebagai guru kita diwajibkan menuntun tumbuh kembang gambar tersebut sehingga menjadi gambaran yang jelas sesuai kodrat alamnya
BalasHapusLangkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah mencoba memahami kodrat alam siswa kemudian menuntunnya untuk berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya sehingga siswa mampu mencapai tujuan hidupnya
Dari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir merdeka belajar sama dengan Cara belajar siswa aktif pada kurikulum sebelumnya, ternyata tidak sekedar siswa aktif saja, namun guru berperan sebagai fasilitator sehingga murid mampu ekspresif, dan mengaktualisasikan diri dalam pembelajaran bersama guru.
BalasHapusLangkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah mencoba menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran koooperatif yang banyak melibatkan peran serta murid.